Selasa, 12 Maret 2024

Catatan Hari Pertama di Bulan Ramadhan

 

🌙Ramadhan adalah Madrasah🌙

Allah Taala berfirman, “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu” (QS Al-Baqarah ayat 185)

Nabi Sallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, “Islam dibangun atas lima (rukun); Bersaksi bahwa tiada tuhan yang berhak disembah melainkan Allah, dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadan dan haji ke Baitullah.”

Dari bulan-bulan yang telah Allah tetapkan, ada sebuah bulan yang Allah sifati dengan bulan yang mulia. Karena di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, yang menjadi petunjuk bagi seluruh manusia. Di dalamnya juga ada sebuah malam yang dikatakan sebagai malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Sungguh indah dan nikmatnya bila kita dikehendaki untuk masuk ke dalam bulan ini.

Ia adalah Bulan Ramadhan, sebuah bulan yang bisa dijadikan sebuah madrasah, yakni tempat yang mendidik kita untuk mempelajari apa itu makna menahan hawa nafsu dan bersabar dalam ketaatan.

Kalau pada hari-hari biasa di bulan-bulan biasanya menahan hawa nafsu dan menjaga kesabaran adalah sesuatu yang cukup berat dilakukan, namun di bulan ini seberat apapun keduanya maka perasaan untuk melawannya harus dilampaui. 

Orang-orang yang lulus dari madrasah ini mudah-mudahan diharapkan bisa menjadi hamba-hamba terbaik setelah bulan ini. 

Wallahu A'lam Bisshawwab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar