Selasa, 29 September 2020

"Janganlah kau terburu-buru dalam menuntut ilmu"


Beberapa bulan yang lalu Ana menyampaikan pada seorang Syeikh (semoga Allah melindungi beliau), tentang Ana yang merasa tidak ada perkembangan dalam pemahaman ilmu terutama dalam ilmu bahasa arab. Kemudian Beliau menasehati Ana,  "Nafilah Sesungguhnya kamu bukanlah tidak mengalami perkembangan,  melainkan kamu tidak merasakan perkembangan itu atau mungkin belum,  namun tunggulah beberapa tahun,  maka kamu akan melihat perkembangan yang lebih banyak."

Hari ini, kala Ana mendengar muhadoroh syeikh profesor doktor Abdus Salam As Syuwair (semoga Allah melindungi beliau) : 

"Kalau kamu mengira bahwa kamu belum merasakan manfaat dari ilmumu, sesungguhnya kamu sudah mengambil manfaat darinya,  tapi kamu belum bisa mengetahui kemanfaatannya kecuali setelah kamu menghabiskan waktu yang lebih lama lagi di majelis ilmu." 

Dari kedua nasehat ini, maka Ana pun tahu bahwa ilmu tidaklah didapat satu atau dua hari,  akan tetapi didapat oleh waktu yang lama. Mungkin sekarang, Ana belum merasakan manfaat atau perkembangan dari ilmu yang sedang dipelajari. Namun setelah bertahun tahun dengan terus menuntut ilmu maka -dengan izin Allah- semoga Ana akan mengetahuinya.

Kesimpulannya :

"Terburu buru dalam menuntut ilmu itu adalah hal yang bahaya,  janganlah seseorang terburu-buru dalam mendapatkannya,  tidak juga dalam memahaminya,  tidak juga dalam menghafalnya,  dan tidak juga dalam mengajarkannya. Karena sungguh,  ilmu itu tidak didapatkan dengan terburu-buru, melainkan didapatkan dengan perlahan-lahan."

Wallahu Ta'aala A'lam bis shawab
-Bintu Haris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar