Sabtu, 25 Juli 2020

Muslimah Cantik, Bermahkota Rasa Malu


Muslimah Cantik, Bermahkota Rasa Malu
(Mentadaburi Tafsir sebuah ayat pada
Surat Al Qasas ayat 25)


(فَجَاءَتْهُ إِحْدَاهُمَا تَمْشِي عَلَى اسْتِحْيَاءٍ قَالَتْ إِنَّ أَبِي يَدْعُوكَ لِيَجْزِيَكَ أَجْرَ مَا سَقَيْتَ لَنَا فَلَمَّا جَاءَهُ وَقَصَّ عَلَيْهِ 

الْقَصَصَ قَالَ لَا تَخَفْ نَجَوْتَ مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ)

“Kemudian datanglah kepada Musa salah seorang dari kedua wanita itu berjalan penuh rasa malu, ia berkata, “Sesungguhnya bapakku memanggil kamu agar ia memberikan balasan terhadap (kebaikan)mu memberi minum (ternak) kami.”  (QS  Al-Qashas : 25)

Ayat yang mulia ini, menjelaskan bagaimana seharusnya kaum wanita berakhlaq dan bersifat pemalu. Allah menyifati gadis wanita yang mulia ini dengan cara jalannya yang penuh dengan rasa malu dan terhormat.
Sebagaimana kesimpulan ini didapatkan dari perkataan para sahabat dalam menafsirkan ayat diatas :

1.  Amirul Mukminin Umar bin Khatthab radhiyallahu ‘anhu mengatakan, gadis itu menemui Musa ‘alaihis salaam dengan pakaian yang tertutup rapat. (Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim, 6: 12)

2. Ibnu Abi Hatim berkata bahwa ‘Amir bin Maimun berkata, ‘Umar radhiyallahu 'anhu berkata: “Dia datang berjalan dengan malu-malu dengan menutupkan pakaian ke wajahnya, bukan wanita yang amat berani dan sering keluar rumah.” Isnadnya shahih. (Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim, 6:12)

Maka,  pada hakekatnya semua wanita  diciptakan oleh Allah taala dengan memiliki rasa malu dan hormat yang mulia. Lantas,  bagaimana agar kita bisa menjadi wanita yang memiliki rasa malu ditengah perkembangan zaman seperti ini?

Caranya adalah coba dalami pelajaran ilmu agama,  pelajari pelajaran akhlak dan adab bergaul dengan lawan jenis,  kurangi bergaul dengan para pria termasuk dalam hal chatting dan hubungan di dunia maya,  juga hindari dengan keras berdua-duaan (berkhalwat) di dunia nyata. Sebagaimana yang dicontohkan oleh para shahabiyah dan wanita-wanita zaman dahulu, "Yang Cantik,  karena bermahkotakan rasa malu."

Ya Allah,  Karuniakanlah pada kami (para wanita muslimah) sifat malu yang dapat mengantarkan pada kebaikan .

Wallahu A'lam Bis Shawab.

02, Maret 2019
Ditulis oleh : Bintu Haris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar