Minggu, 05 Mei 2019

Untukmu, Penuntut Ilmu Syariy [Ver Indo]

BeAKhoirPerson   |  _bintuharis_ | حب الخير للغير

"Sebuah Wasiat Indah untuk Penuntut Ilmu Syariy..."

Wahai saudariku,  ada sebagian penuntut ilmu yang mengira,  bahwa setelah ia masuk ke dalam mahad syariy, maka ia akan menjadi seorang alim, atau seorang yang fakih dalam agama, atau akan menjadi penghafal al quran.

Karena ia mengatakan : "Di mahad ini,  ada guru-guru dari arab, ada pengajar-pengajar yang mengajarkan bahasa arab dan ahli dalam ilmu syariy maka in syaa  Allah Aku akan mempelajari ilmu syariy atau aku akan menjadi yang paling baik dari yang lain. Dan disini menghafal quran secara sempurna,  maka aku akan menghafal al quran secara sempurna juga. "

Wahai saudariku,  perkataan seperti ini dan keyakinan seperti ini kembali kepada usahamu, berarti bahwa adanya pengajar pengajar arab atau adanya peraturan dan program agar menghafal al quran tidak akan menjadikanmu seorang penghafal al quran sedangkan  kamu malah asyik tidur diatas ranjangmu.

Ini semua membutuhukan usaha yang maksimal,  membutuhkan rasa lelah,  membutuhkan murojaah.

Tanpa usaha yang maksimal,  maka kamu tidak akan pernah menjadi seperti yang kamu inginkan,  dan sekarang dengan masuknya kamu ke mahad yang mengajarkan ilmu syariy di dalamnya,  tidak akan menjadikan al quran begitu saja masuk ke dalam kepalamu karena adanya.

Karena kamu harus duduk,  dan kamu harus menghafal,  dan kamu harus menyetor,  dan kamu harus mengulang. Maka sesungguhnya itu semua membutuhkan usaha! Janganlah seorang murid merasa bahwa dengan masuknya ia ke mahad maka dia akan menjadi seperti "begini" dan "begitu".

Maka hal ini semua kembali kepada pribadi murid-murid tersebut tentang bagaimanakah usahanya. Benar,  bahwa adanya program itu membantu, dan adanya peraturan itu membantu, dan adanya ujian itu membantu,  dan adanya pengajar itu membantu, dan adanya guru itu membantu, dan adanya saudari itu membantu,  dan adanya teman-teman yang semua menghafalkan al quran itu membantu,  tidak diragukan lagi bahwa itu semua bisa membantu serta memotivasi mereka.

Akan tetapi perkara yang utama,  kembali kepada dirimu,  hanya dirimu yang bisa mengatur serta membatasi tingkatanmu dan mencapai tujuanmu yang akan kamu capai nanti in syaa Allah.

🔊 Muhadoroh Syeikh Saad Bin Adnan Al Khudoriy
📝 Ditulis pada tanggal 16/10/2018
📄 Diterjemahkan dan ditulis pada tanggal 05/05/2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar